Kerajinan Bahan Limbah Lunak

Prinsip Kerajinan Bahan Limbah Lunak
Apa sih limbah itu?
 limbah adalah sisa atau sampah dari suatu proses kegiatan manusia yang dapat menjadi bahan polutan di suatu lingkungan.
Limbah dapat dikelompokkan menjadi 3 bagian, yaituBerdasarkan wujudnya
  1. Limbah dilihat dari fisiknya terdiri dari :
a. Limbah gas, merupakan jenis limbah yang berbentuk gas. Contoh limbah bentuk gas antara lain : karbon dioksida (CO2), karbon monoksida (CO), HCL, NO2, dan SO2.
b. Limbah cair, adalah jenis limbah yang memiliki fisik berupa zat cair. Misalnya air cucian, air hujan, rembesan AC, air sabun, dan minyak goreng buangan.
c. Limbah padat, merupakan jenis limbah yang berupa padat. Contohnya kotak kemasan, bungkus jajanan, plastik, botol, kertas, kardus, dan ban bekas.
2. Berdasarkan sumbernya
Berdasarkan sumbernya, limbah bisa berasal dari :
a. Limbah pertanian, limbah yang ditimbulkan karena kegiatan pertanian.
b. Limbah industri, merupakan limbah yang dihasilkan oleh pembuangan kegiatan industri.
c. Limbah pertambangan, limbah yang berasal dari kegiatan pertambangan.
d. Limbah domestik, merupakan limbah yang berasal dari rumah tangga, pasar, restoran, dan permukiman-permukiman penduduk yang lain.
3. Berdasarkan senyawanya
Berdasarkan senyawanya limbah dibagi lagi menjadi 2 jenis sebagai berikut.
a. Limbah organik, merupakan limbah yang bisa dengan mudah diuraikan / mudah membusuk. Limbah organik mengandung unsur karbon. Limbah organik dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya : kulit buah dan sayur, kotoran manusia dan kotoran hewan.
b. Limbah anorganik, adalah jenis limbah yang sangat sulit / bahkan tidak bisa diuraikan / tidak bisa membusuk. Limbah anorganik tidak mengandung unsur karbon. Contoh limbah anorganik adalah plastik, beling, dan baja.
B. Jenis dan Karakteristik Bahan Limbah Lunak
Limbah lunak adalah limbah yang bersifat lembut, empuk, dan mudah dibentuk. Limbah lunak dikategorikan menjadi bentuk limbah lunak organik dan limbah anorganik.
  1. Limbah lunak organik
Limbah lunak organik lebih banyak berasal dari tumbuh-tumbuhan. Semua bagian dari tumbuhan yang dapat dikategorikan limbah dapat diolah menjadi produk kerajinan. Namun, semuanya harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu, agar diperoleh bahan baku yang baik. Contohnya : daun-daunan, kulit buah, kulit sayuran, batang tumbuhan / hasil olahan tumbuhan seperti kertas. Limbah lunak organik juga dapat dikatakan limbah basah. Penyebabnya, limbah lunak ini termasuk sampah yang mempunyai kandungan air cukup tinggi, dan mudah sekali membusuk jika tidak langsung diolah saat ingin dipergunakan kembali. Limbah lunak organik yang dapat dijadikan karya kerajinan antara lain kulit jagung, kulit bawang, kulit kacang, kulit buah/biji-bijian, jerami, kertas, dan pelepah pisang.



limbah kulit jagung
Peanut Lot
limbah kulit kacang
White Stacked Worksheets on Table
limbah kertas

2. Limbah lunak anorganik
Limbah lunak anorganik berasal dari bahan olahan dengan campuran zat kimiawi dan menghasilkan bahan yang lembut, empuk, lentur, dan mudah dibentuk serta diolah dengan bahan yang sederhana. Sementara sifat dari limbah lunak anorganik ini relatif sulit terurai tetapi memerlukan waktu yang lama. Limbah lunak anorganik umumnya berasal dari kegiatan industri, pertambangan, dan domestik dari sampah rumah tangga. Contohnya : plastik kemasan, kotak kemasan, kain perca, karet sintetis, dan sterofoam. Hampir semua limbah anorganik dapat dimanfaatkan kembali sebagai produk kerajinan dengan menggunakan alat yang sederhana.



Assorted Plastic Bottles
Limbah botol plastik
Styrofoam Food Containers
Limbah styrofoam
Complete set of new tyres for car


TUGAS INDIVIDUAL
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! Kerjakan pada komentar dengan di beri nama/no/kelas!
1. Jelaskan pengertian limbah!
2. Sebutkan jenis limbah berdasarkan wujudnya!
3. Sebutkan jenis limbah berdasarkan sumbernya!
4. Sebutkan jenis limbah berdasarkan senyawanya!
5. Sebutkan perbedaan limbah lunak organik dan limbah lunak anorganik!

Comments